Print

Umum

Dalam hal kepulangan ke Indonesia, WNI dihimbau untuk melaporkan diri ke KBRI. Hal ini diperlukan untuk mengupdate data WNI di wilayah ACT dan sekitarnya.

Barang Pindahan adalah barang-barang keperluan rumah tangga yang karena kepindahan pemiliknya ke Indonesia yang semula berdomisili di luar negeri, kemudian dimasukkan kedalam Daerah Pabean Indonesia, dan barang-barang tersebut terdiri barang-barang rumah tangga yang diperuntukkan akan tetap sebagai bagian dari keperluan rumah tangga bersangkutan, yang dalam hal ini tidak termasuk persedian barang dagangan dan barang larangan serta kendaraan bermotor.

Persyaratan

  1. Fotokopi paspor.
  2. Fotokopi Visa yang masih berlaku.
  3. Mengisi dan menandatangani Formulir Permohonan Membawa Barang.
  4. Menyerahkan surat pernyataan telah menyelesaikan tugas belajar.
  5. Menyerahkan daftar barang yang akan dikirim dengan disertai kop cargo dan ditandatangani.
  6. Biaya administrasi sebesar AUD 30 dengan menggunakan Money Order ditujukan kepada “Indonesian Embassy”.

Catatan

  1. Barang-barang pindahan tersebut tiba bersama-sama pemiliknya atau paling lama 6 (enam) bulan sesudah atau sebelum pemilik barang bersangkutan tiba di Indonesia.
  2. Barang pindahan yang bersangkutan tidak boleh merupakan barang yang oleh Pemerintah Indonesia dinyatakan sebagai barang yang dilarang dimasukkan ke wilayah Indonesia.
  3. Diplomat atau Pejabat Negara atau Pegawai Negara Sipil atau TNI atau Mahasiswa yang masih bertugas atau berdinas atau tinggal di luar negeri kemudian menjalankan cuti atau liburan di Indonesia, tidak berhak atas barang pindahan.

Surat keterangan ini tidak berfungsi sebagai surat jaminan bebas bea untuk mengeluarkan barang di pelabuhan.