Print

Persyaratan

Warga Negara Indonesia yang berdomisili di Australia dapat memanfaatkan jasa imigrasi perpanjangan dan pembuatan paspor baru RI. Domisili dalam hal ini adalah pemegang visa Australia permanent resident, temporary resident, dan pelajar. Untuk pemegang visa visitor/turis belum dapat memanfaatkan jasa ini. Pemohon WAJIB datang ke loket Konsuler KBRI Canberra untuk melakukan proses pengambilan foto, sidik jari, dan wawancara.

Persyaratan:

  1. Melakukan Pendaftaran Online (Untuk menentukan waktu kedatangan ke KBRI Canberra).
  2. Mengisi dan menandatangani Formulir Permohonan Paspor.
  3. Mengisi dan menandatangani Formulir Surat Pernyataan Kewarganegaraan Indonesia.
  4. Foto kopi Paspor/SPRI lama.
  5. Surat keterangan kehilangan dari kepolisian setempat.
  6. Bukti ijin tinggal di Australia (visa yang masih berlaku atau Visa Entitlement Verification Online/VEVO,  dapat dilihat di https://www.border.gov.au/Busi/Visa).
  7. Bukti alamat tempat tinggal/domisili yang masih berlaku (pilih salah satu: SIM, Bank Statement, rekening listrik, telepon, koran).
  8. Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) Indonesia dengan ukuran kertas A4.
  9. Fotokopi Akta Kelahiran, Akte Pernikahan, Ijazah, atau Surat Baptis (pilih salah satu) dengan ukuran kertas A4. Jika Akta Kelahiran dan Akta Perkawinan tidak dikeluarkan oleh Pemerintah Indonesia maka harus menyertakan Surat Kutipan Akta Kelahiran atau Surat Kutipan Akta Perkawinan yang dikeluarkan Perwakilan RI setempat.
  10. Membayar biaya beban paspor hilang sebesar AU$ 105 (paspor 48 halaman) dan permohonan penerbitan paspor baru sebesar AU$ 40 per 1 Juli 2019. Pembayaran  dapat dilakukan dengan EFTPOS (kartu debit dan kartu kredit) atau Money Order yang ditujukan kepada “Indonesian Embassy”. Pembayaran secara tunai atau dengan cek tidak akan diterima.

Catatan

  1. Pemohon WAJIB datang ke loket Konsuler KBRI Canberra untuk melakukan proses pengambilan foto, sidik jari, dan wawancara.
  2. Satu jadwal appointment berlaku untuk satu orang pemohon. Jika satu keluarga ingin membuat appointment maka jumlah appointment disesuaikan dengan jumlah anggota keluarga.
  3. Bagi yang ingin Paspor/ SPLP nya dikirim melalui pos diharapkan membawa amplop sendiri, disarankan menggunakan Platinum Post atau layanan jasa kurir (DHL, FedEx, dll). Pemohon juga disarankan menyimpan tracking number amplop. KBRI tidak bertanggung jawab atas keterlambatan atau kehilangan dokumen.Permohonan melalui pos harus menyertakan amplop balasan dengan mencantumkan nama dan alamat lengkap.
  4. Permohonan yang dinyatakan lengkap dan memenuhi syarat akan diproses dalam waktu sekitar 7 hari kerja (tidak termasuk waktu pengiriman).
  5. Pertanyaan lebih lanjut dapat disampaikan melalui  email This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. atau telepon 6250 8600. Untuk mengoptimalkan pelayanan, disarankan pertanyaan maupun komunikasi dengan KBRI dapat disampaikan melalui email.

Pendaftaran Online