Pencantuman / Perubahan Alamat Pada Paspor RI

Bagi para WNI yang telah pindah ke alamat baru dan sebelumnya telah melakukan lapor diri maka dihimbau untuk melaporkan kepindahan tersebut dan melakukan pencantuman perubahan alamat pada Paspor RI.

Persyaratan:

  • Mengisi dan menandatangani formulir permohonan.
  • Paspor asli yang masih berlaku.
  • Foto kopi visa atau izin tinggal.
  • Foto kopi bukti alamat tempat tinggal/domisili yang masih berlaku (pilih salah satu: SIM, Bank Statement, rekening listrik atau telepon).

Pencantuman/Perubahan alamat pada Paspor RI tidak dikenakan biaya.

Perubahan / Penambahan Nama pada halaman pengesahan/endorsement Paspor RI

Persyaratan:

  • Mengisi  dan menandatangani formulir permohonan.
  • Paspor asli yang masih berlaku.
  • Foto kopi visa atau izin tinggal.
  • Foto kopi bukti alamat tenpat tinggal/domisili yang masih berlaku (pilih salah satu: SIM, Bank Statement, rekening listrik atau telepon.
  • Foto kopi akta kelahiran (untuk penambahan nama keluarga/orang tua) yang dilegalisasi.
  • Foto kopi akta pernikahan (untuk penambahan nama suami) yang dilegalisasi.
  • Fotokopi surat cerai yang telah dilegalisasi (untuk penghapusan nama belakang mantan suami atau penambahan nama belakang suami yang baru).

Penambahan nama pada halaman endorsement  Paspor RI tidak dikenakan biaya.

Perubahan Nama pada halaman utama Paspor RI

Perubahan nama pada halaman utama Paspor RI hanya dapat dilakukan dengan menyertakan Surat Keputusan Penetapan Pengadilan di Indonesia yang mengesahkan perubahan nama.

Persyaratan:

  • Mengisi  dan menandatangani formulir permohonan.
  • Paspor asli yang masih berlaku.
  • Foto kopi visa atau izin tinggal.
  • Foto kopi bukti alamat tempat tinggal/domisili yang masih berlaku (pilih salah satu: SIM, Bank Statement, rekening listrik atau telepon.
  • Foto kopi akte kelahiran (untuk penambahan nama keluarga/orang tua) yang dilegalisasi.
  • Foto kopi akte pernikahan (untuk penambahan nama suami) yang dilegalisasi.
  • Foto kopi Sertifikat Perubahan Nama dari instansi terkait (Births Deaths Marriages Certificate Office Australia) yang sudah dilegalisasi.
  • Surat Keputusan Penetapan Pengadilan di Indonesia yang mengesahkan perubahan nama.
  • Membayar biaya permohonan sebesar AU$ 40 (paspor 48 halaman). Pembayaran  dapat dilakukan dengan EFTPOS (kartu debit dan kartu kredit) atau Money Order yang ditujukan kepada “Indonesian Embassy”. Pembayaran secara tunai atau dengan cek tidak akan diterima.

Proses Penggantian Nama di Pengadilan di Indonesia

Pasal 52 UU No. 23 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan mengatur bahwa perubahan nama dilaksanakan berdasarkan penetapan pengadilan negeri tempat pemohon. Selanjutnya, perubahan nama tersebut wajib didaftarkan oleh orang yang berubah namanya tersebut kepada Catatan Sipil yang menerbitkan akta Pencatatan Sipil paling lambat 30 (tiga puluh) hari sejak diterimanya salinan penetapan pengadilan negeri oleh Penduduk. Catatan Sipil selanjutnya akan membuatkan catatan pinggir pada register akta Pencatatan Sipil dan kutipan akta Pencatatan Sipil.

Berdasarkan pasal 93 ayat (2) Peraturan Presiden No. 25 Tahun 2008 tentang Persyaratan dan Tata Cara Pendaftaran Penduduk dan Pencatatan Sipil, dokumen-dokumen yang wajib dilengkapi dalam hal pencatatan perubahan nama adalah:

  1. Salinan penetapan pengadilan negeri tentang perubahan nama.
  2. Kutipan Akta Catatan Sipil.
  3. Kutipan Akta Perkawinan bagi yang sudah kawin.
  4. Fotokopi Kartu Keluarga.
  5. Fotokopi Kartu Tanda Penduduk.

Prosedurnya adalah:

  • Pemohon mengisi dan menyerahkan Formulir Pelaporan Perubahan Nama dengan melampirkan dokumen-dokumen sebagaimana disebutkan di atas kepada Instansi Pelaksana atau UPTD Instansi Pelaksana.
  • Pejabat Pencatatan Sipil kemudian membuat catatan pinggir pada register akta catatan sipil dan kutipan akta catatan sipil.
  • Perubahan nama selanjutnya akan direkam dalam database kependudukan.

Akta kelahiran lama akan ditambahkan catatan pinggir oleh petugas catatan sipil mengenai perubahan nama tersebut. Akta kelahiran tersebut dapat digunakan untuk mengurus perubahan nama Anda pada surat-surat, seperti KTP, sertipikat tanah, surat-surat sehubungan perbankan, dan lain sebagainya.

Catatan

  • Permohonan dapat disampaikan langsung ke KBRI Canberra atau dikirimkan melalui pos ke alamat:

Consular and Visa Section
Embassy of the Republic of Indonesia in Canberra
8 Darwin Avenue, Yarralumla, ACT 2600

  • Permohonan melalui pos harus menyertakan amplop balasan dengan mencantumkan nama dan alamat lengkap. Untuk kecepatan dan keamanan, disarankan menggunakan jasa Express Post maupun layanan jasa kurir (DHL, FedEx, dll). Pemohon disarankan menyimpan tracking number amplop balasan untuk pengiriman dokumen. KBRI tidak bertanggung jawab atas keterlambatan atau kehilangan dokumen
  • Permohonan yang dinyatakan lengkap dan memenuhi syarat akan diproses dalam waktu 1-3 hari kerja (tidak termasuk waktu pengiriman).
  • Pertanyaan lebih lanjut dapat disampaikan melalui email This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. atau telepon 6250 8600. Untuk mengoptimalkan pelayanan, disarankan pertanyaan maupun komunikasi dengan KBRI dapat disampaikan melalui email.
Visa and Consular Service © 2016 Indonesian Embassy of the Republic of Indonesia